Skip to main content

Jenis Rumput Beserta Manfaatnya



Jenis Rumput Beserta Manfaatnya
                                                                  
1.      Rumput Kebar
a.  Nama latin : Biophytum petersianum
b. Manfaat     : sebagai obat penyubur kandungan, secara ilmiah dikatakan tumbuhan ini lebih banyak digunakan sebagai obat kesuburan untuk memelihara kemampuan reproduksi dan fertilitas.
Rumput Kebar (Biophytum petersianum) adalah sejenis terna yang tumbuh dan menyebar di Afrika, Madagaskar, dan Asia Tenggara termasuk sejumlah pulau di Indonesia, kecuali Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Kalimantan. Di Papua Barat, tumbuhan ini terbatas pada daerah lembah Kebar di Distrik Kebar, Kabupaten Tambrauw.


2.      Rumput Benggala
a.      Nama latin : Panicum maximum
b.      Manfaat     : Sebagai pakan ternak yang memiliki komposisi nutrisi yang baik
                                                                


Rumput Benggala adalah jenis rumput yang banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang memiliki komposisi nutrisi yang baik. Asal rumput benggala yakni dari Afrika tepatnya di Zimbabwe  yang kemudian diberi nama latin Panicum maximum. Rumput ini dapat tumbuh baik di semua jenis tanah dengan curah hujan lebih dari 760 mm/tahun. Kemampuan produksinya dapat mencapai 60 ton /ha per tahun.

3.      Rumput Fatimah
a.      Nama latin : Labisa Pumila
b.      Manfaat     : Melancarkan persalinan, membuat tubuh menjadi langsing, dan         mengobati penyakit diare.
                                                                       
Sementara itu dalam bahasa Arab, ia dinamakan Kaf Mariyam yang berarti telapak tangan Mariyam. Rumput Fatimah sangat populer di negeri asalnya. Ia bahkan disebut sebagai tumbuhan sahabat wanita. Berkat kepopulerannya yang melegenda, Rumput Fatimah pun beredar di Negara lain di kawasan Asia termasuk Indonesia di dalamnya. Tumbuhan ini sering dijumpai di penjual obat herbal. Kabarnya salah satu khasiat Rumput Fatimah adalah untuk memudahkan persalinan.
4.      Rumput Gajah
a.      Nama latin : Pennisetum Purpureum
b.      Manfaat     : Selain sebagai makanan ternak, rumput gajah dapat dimanfaatkan untuk bahan produksi fiber, penahan erosi tanah, maupun sebagai pagar
                                                                       
Rumput Gajah adalah rumput bernutrisi tinggi berukuran besar yang biasanya dipakai  pakan ternak seperti sapi, kambing, gajah, dll. Rumput gajah banyak dibudidayakan di Afrika karena ketahanannya terhadap cuaca panas.
5.      Rumput Meniran
a.      Nama latin : Phylanthus urinaria, Linn
b.      Manfaat     :  obat sakit kuning (lever), malaria, demam, ayan, batuk, haid lebih, disentri, luka bakar, luka koreng, dan jerawat.
                                                                        
Meniran (Phylanthus urinaria, Linn) merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di tempat lembab pada dataran rendah daerah tropis. Tumbuhan ini banyak tumbuh di hutan, kebun, ladang dan halaman rumah. Tumbuhan ini biasa dianggap rumput liar, padahal tumbuhan meniran dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.  

6.      Rumput Ilalang
a.      Nama latin : Imperata cylindrica
b.      Manfaat     :  Obat keputihan, melancarkan air seni, obat mimisan,hepatitis, obat prostat.     
                                                                 
Rumput ilalang atau kadang lebih di kenal dengan Alang-alang ini adalah rumput liar yang biasanya bisa jadi rumput pengganggu di Perkebunan kita, akan tetapi banyak yang tidak tau jika Rumput ini juga sangat berguna untuk pengobatan Tradisional yang ampuh, maka dari itu pada kesempatan kali ini, aku sangat tertarik untuk membahas mengenai berbagai manfaat yang terkandung oleh rumput alang-alang ini.
7.      Rumput Teki
a.      Nama latin : Cyperus rotundus
b.      Manfaat     :  Menormalkan siklus haid, menghilangkan rasa sakit, sebagai obat penenang, mengatasi demam, dan mengobati gangguan saluran pencernaan.
                                                                
Rumput teki adalah salah satu jenis rumput liar dan dari namanya rasanya sudah umum di Indonesia bahkan bisa kita temui di lahan-lahan sekeliling kita. Di India dan Cina tanaman rumput teki sudah sangat terkenal sebagai bahan pembuatan obat alamiah. Tanaman ini termasuk dalam familia Cyperacceae dengan nama latin Cyperus rotundus. Bagian dari rumput teki yang bisa digunakan sebagai obat adalah umbinya yang mengandung : Alkaloid, Flavonoid, Sineol, Pinen, Siperon, Rotunal, Siperenon dan Siperol.
8.      Rumput Pegagan
a.      Nama latin : Centella asiatica linn urban
b.      Manfaat     : Membersihkan darah, memperlancar air seni, menyembuhkan penyakit lepra dan ttuberkulosis, dan obat anti stress
                                                    
 Tanaman rumput ini mudah di temukan di sekitar lingkungan kita. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan mudah di temui di seluruh wilayah asia tenggara termasuk Indonesia. Pegagan dikenal dengan nama latin Centella asiatica Linn Urban atau Hydrocotyle asiatica, Linn. atau Pasequinus, Rumph. Nama ini diturunkan dari bahasa latin ‘hydro’ yang berarti air karena dia sangat suka dengan kondisi lembab dan ‘cotyle’ yang berarti mangkuk karena daunnya yang sedikit berbentuk cekung.
9.      Rumput Mutiara
a.      Nama latin :  Oldenlandia corymbosa
b.      Manfaat       :  menyembuhkan radang usus buntu, tersumbatnya saluran sperma sehingga sulit punya keturunan, radang amandel, hepatitis, gondongan, infeksi saluran kemih, bisul, Jerawat dan borok.

                                                     

Seluruh bagian rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat, baik dalam segar maupun melalui proses pengeringan. Di Cina, rumput ini cukup populer sebagai salah satu herbal penyambuh. Kandungan senyawa dalam rumput mutiara anatara lain ursolic acid, stigmasterol, hentriacontane, beta-sitosferol, dan flavonoid glycosides. Hati-hati dalam mengonsumsi rumput mutiara, sehari maksimal 15-50 gram rumput mutiara yang direbus dan diminum airnya satu gelas saja. Apabila berlebihan, dapat mengakibatkan penurunan sel darah putih dan rasa kering pada mulut dan tenggorokan.
10.   Rumput Alang alang
a.      Nama latin     :  Imperata cylindrica
b.      Manfaat         :  berguna untuk memperlacar pengeluaran air seni (diuretik), menurunkan panas (antipiretik) dapat menurunkan tekanan darah tinggi meluruhkan kencing. Serta mencegah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, bengkak karena peradangan ginjal akut, infeksi saluran kemih, muntah darah, batuk darah, air kemih. Bahkan berdasarkan penelitian akar alang –alang dapat menyembuhkan  sakit kuning (hepatitis)
   
Merupakan rumput  liar, yang mudah tumbuh di  tempat –tempat yang sering di tumbuhi tanaman liar lainnya, tanaman / rumput alang – alang ini dapat tumbuh dengan baik  di tempat – tempat yang jarang  di jamah oleh orang, missal di pegunungan, pekarangan yang sudah tidak pernah di jamah lagi, dan tempat – tempat perkebunan yang  sudah lama tidak dipakai lagi,  alang – alang merupakan tanaman rumput yang sangat cepat berkembang

Comments

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217 :-* (f)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis Rerumputan

Jenis Rumput Beserta Manfaatnya                                                                    1.       Rumput Kebar a.       Nama latin : Biophytum petersianum b.       Manfaat      : sebagai obat penyubur kandungan, secara ilmiah dikatakan tumbuhan ini lebih banyak digunakan sebagai obat kesuburan untuk memelihara kemampuan reproduksi dan fertilitas. Rumput Kebar ( Biophytum petersianum ) adalah sejenis terna yang tumbuh dan menyebar di Afrika , Madagaskar , dan Asia Tenggara termasuk sejumlah pulau di Indonesia , kecuali Semenanjung Malaya , Sumatera , dan Kalimantan . Di Papua Barat , tumbuhan ini terbatas pada daerah lembah Kebar di Distrik Kebar , Kabupaten Tambrauw . 2.       Rumput Benggala a.       Nama latin : Panicum maximum b.       Manfaat      : Sebagai pakan ternak yang memiliki komposisi nutrisi yang baik                                                                  Rumput Benggala adalah jenis rumput yang banyak dimanfaatkan s